Home > Info > Sistem Pemeringkatan Website Universitas

Sistem Pemeringkatan Website Universitas

February 9, 2013 Leave a comment Go to comments

Beberapa pengukuran yang biasanya dijadikan rujukan oleh universitas, seperti Webometrics, 4ICU (4 International Colleges & Universities), Alexa Traffic Rank, dan TeSCa (khusus Indonesia). Berikut penjelasan masing-masing:

A. Webometrics Ranking of World Universities (http://www.webometrics.info)

The “Webometrics Ranking of World Universities” adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri. Sistem ini mulai dikenalkan ke khalayak Umum pada Tahun 2004 yang lalu.

Perangkingan Webometrics dipublikasikan setiap 6 bulan sekali yakni pada bulan Januari dan Juli. Perengkingan didasarkan pada Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan Scholar (Sc).

Visibility (V) merupakan jumlah total tautan situs eksternal (backlink) yang secara unik mencantumkan alamat website universitas dan terdeteksi Search Engine. Bobot untuk Visibility adalah terbesar dari semua kategori yaitu 50%.

Size (S) merupakan jumlah halaman elektronik dalam suatu website universitas yang terindeks oleh 4 (empat) mesin pencari yaitu : Yahoo, Google, Live Search dan Exalead. Komponen ini mempunyai bobot 20%

Rich Files (R) merupakan jumlah muatan file dalam suatu website universitas dan terindeks oleh Google. Ada 4 (empat) macam file yang masuk dalam kategori ini, pertama adalah Adobe Acrobat (*.pdf), PostScript (*.ps), Microsoft Word (*.doc) dan Microsoft Power Point (*.ppt). Kategori ini mempunyai bobot penilaian sebesar 15%.

Scholar (Sc) merupakan jumlah publikasi elektronik baik berupa jurnal, academic report dan academic itemlainnya dari suatu website universitas dan terindeks oleh scholar.google.com. Kategori ini mempunyai bobot 15%.

Namun pada perengkingan terakhir, Webometrics menggunakan parameter penilaian Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Komponen perengkingan ini hampir sama dengan perengkingan sebelumnya, perbedaan pada perhitungan pada jumlah artikel ilmiah pada jurnal internasional bergengsi yang sebelumnya masuk ke google scholar.

Presence merupakan jumlah total konten yang terindeks Google, bobot penilaian sebesar 20 persen.
Impact merupakan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Bobot perhitungannya sebesar 50 persen.

Openness menunjukkan jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar. Bobot penilaian sebesar15 persen.

Excellence merupakan karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago. Parameter ini berbobot 15 persen dari total penilaian.

B. 4ICU (4 International Colleges & Universities) (http://www.4icu.org)

4ICU menganalisis tingkat kepopuleran 11,160 website perguruan tinggi dari 200 negara kemudian memeringkatnya. Pemeringkatan dilakukan setiap bulan Januari dan Juli berdasarkan parameter kepopuleran website di tiga pemeringkatan: 1) Google PageRank; 2) Alexa Traffic Rank; 3) Majestic Seo Referring Domains; 4) Majestic Seo Citation Flow; dan 5) Majestic Seo Trust Flow.

C. Alexa Traffic Rank (http://www.alexa.com)

Alexa internet didirikan pada April 1996 di California oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Salah satu produknya adalah perengkingan jumlah traffic pengunaan sebuah website oleh semua pengguna Alexa Toolbar dan dari berbagai sumber data traffic pertiga bulanan. Semakin tinggi alexa rank sebuah website, maka semakin kecil nilai alexa rank yang didapat. Hal ini berbanding terbalik dengan penilaian Google Page Rank. Di Google Page Rank semakin besar nilainya, maka akan semakin bagus sebuah website.

D. TeSCa (http://tescaindonesia.org)

TeSCA merupakan pengukuran indeks, pemeringkatan dan sekaligus pemetaan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus. TeSCA dimulai sejak tahun 2008 dan sampai 2010 konsep TeSCA berupa pemberian penghargaan (awarding) bagi perguruan tinggi terbaik dalam pelaksanaan TIK di kampusnya. Sejak 2011 dan sekarang TeSCA 2012, program ini lebih diarahkan pada pemeringkatan perguruan tinggi yang telah melakukan TIK.

TeSCA merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom Indonesia. Pada program TeSCA 2012, PT Tempo Inti Media Tbk (Tempo Media Group) bergabung sebagai penyelenggara program dan media partner. Program ini juga didukung beberapa lembaga antara lain Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti Kemdikbud), Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas).

Metode perhitungan indeks TIK dan pemeringkatan perguruan tinggi pada TeSCA 2012 berdasarkan metode ZEN Smart Campus yang tersusun atas 10 domain, antara lain: 1) Suprastruktur Kampus; 2) Infrastruktur Teknologi; 3) Profil Pemangku Kepentingan; 4) Ragam Pemanfaatan Aplikasi; 5) Strategi Pendidikan Nasional; 6) Dampak dan Manfaat Penerapan Teknologi; 7) Komunitas Eksternal; 8) Riset (Penelitian & Pengembangan); 9) e-Green (TIK Ramah Lingkungan); 10) Inovasi (Pendidikan).

Ditulis oleh Almuntaqo Zain (alzadiza@gmail.com)

Sumber Bacaan:

  1. November 28, 2013 at 07:08

    Wah baru tahu kalo peniliaian universitas ga cuman dari webometrics… info yang bermanfaat gan, visit juga http://www.ipb.ac.id

  2. December 5, 2013 at 02:40

    Betul bro. banyak pemeringkatan universitas. Semoga menjadi semangat untuk meningkatkan kualitas.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: