Home > Posting Media > Editorial: Rasa Kebangsaan

Editorial: Rasa Kebangsaan


Semarak peringatan kemerdekaan Indonesia selalu tampak, baik di kota maupun desa dan di kampus maupun kampung. Warga bergotong-royong menghias tempat tinggal mereka dengan beragam ornamen warna warni dan aneka kegiatan yang dapat dikuti oleh semua usia.

Antusiasme setiap warga ini menunjukkan bahwa HUT RI tetap memiliki nilai mendalam, khususnya rasa menjadi bagian dari bangsa. Ini memiliki arti penting yang menunjukkan tetap kuatnya rasa kebangsaan di tengah-tengah masyarakat dan sebagai jawaban atas beragam pertanyaan minor tentang lunturnya rasa kebangsaan masyarakat Indonesia.

Rasa kebangsaan ini diwariskan pendahulu kita yang memiliki cita-cita untuk keluar dari tekanan penjajahan yang telah menghancurkan sendi-sendi kemanusiaan secara umum, eksploitasi, penjarahan, pembodohan, dan pemaksaan kehendak. Dan cita-cita ini menjadi penggerak dalam memerangi penjajah, sehingga Indonesia dapat merdeka.

Saat ini cita-cita tersebut harus diekspresikan kembali dalam format yang baru, yaitu perang terhadap korupsi yang menambah kesengsaraan rakyat, perang terhadap terorisme, perang terhadap kebodohan dan pembodohan yang menghambat kemajuan bangsa, serta perang terhadap ketidakadilan dalam semua ujudnya. Perayaan HUT RI ini menjadi gerbang menuju kesana.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: