Home > Campur Baur > Film-Film Inspiratif

Film-Film Inspiratif


Produksi film tidak selamanya berorientasi pada hiburan semata, banyak film-film khususnya drama yang mengetengahkan cerita yang inspiring bagi penontonnya. Berikut beberapa film yang termasuk kategori tersebut. Film-film ini juga dapat disajikan dalam kelas sebagai bahan diskusi anak didik kita.

ANCIENT ROME: The Rise and Fall of an Empire
Sebuah film yang mengangkat sejarah Romawi sejak kebangkitannya pada sampai keruntuhannya. Film ini terdiri dari 6 seri CD. Seri pertama menceritakan masa pemerintahan Julius Caesar, seri kedua pada masa Nero, selanjutnya pada masa Rebellion, masa Revolution, Constantine, dan terakhir masa keruntuhan kekuasaaan Romawi. Pembuatan film ini dibawah arahan para sejarawan.

Bagi pecinta sejarah, film ini menjadi pilihan yang tepat, karena memuat beberapa detil kejadian yang kadang tidak ditemukan dalam buku-buku mengenai sejarah Roma.

THE MIRACLE WORKER
Ungkapan Profesor Yohannes Surya dalam acara Kick Andy bahwa “tidak ada anak bodoh, yang ada adalah anak yang tidak mendapatkan guru yang mampu mengajar dengan baik” sangat tepat bila dikaitkan dengan film ini.

Film yang diangkat dari kisah nyata mengenai seorang anak tuna rungu. Kekurangannya menyebabkan ia dianggap tidak ‘mampu’ dan harus diperlakukan berbeda. Namun di tangan seorang perempuan dewasa yang memiliki visi dan insting ‘guru’, anak itu akhirnya mampu hidup layaknya manusia normal, bahkan ia menjadi pengacara yang cukup dikenal. Film ini layak ditonton oleh semua kalangan, khususnya tenaga pendidik.

FREEDOM WRITERS
Freedom Writers merupakan film yang didasarkan atas kisah nyata kehidupan seorang guru di Long Beach, California, Erin Gruwell. Erin berprofesi sebagai guru bahasa Inggris ketika isu rasisme dan kekerasan di Amerika begitu hegemonik.

Keduanya menciptakan kecurigaan dan segregasi sosial di antara murid-muridnya, sebagian besar murid-muridnya bukan hanya menjadi objek, bahkan menjadi subjek kekerasan. Fenomena ini menjadikan murid-muridnya apatis terhadap kehidupannya, mereka kehilangan visi dan cita-cita.

Untuk mendekati dan menyelami kehidupan mereka, Erin memberikan buku harian yang harus diisi setiap harinya. Mereka bebas menuliskan apapun dan bila Erin diperbolehkan membaca, maka buku tersebut harus diletakkan di lemari kelas. Pada akhirnya buku harian tersebut menjadi proyek akhir bersama dan di bawah bimbingannya, buku harian tersebut akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku yang berjudul The Freedom Writers Diary.

BEAUTIFUL MIND
Film ini menceritakan kisah hidup profesor Jhon Nash, seorang ahli matematika yang mendapat hadiah nobel. Ia terkena penyakit skizofrenia yang menyebabkan dirinya mengalami delusi yang sangat hebat. Delusi yang tampak di mata John adalah teman satu kamarnya sejak saat pertama kuliah di Preston university, Hanson. Delusinya kembali semakin parah, ia melihat semua majalah adalah kode-kode konspirasi dari orang Rusia yang harus dipecahkan. Nash pikir itu adalah kode yang akan menuntunnya pada lokasi bom yang diletakkan oleh soviet. Adapula delusi orang militer bernama Parcher yang mengancamnya bekerja pada militer memecahkan kode-kode tersebut. Berkat ketabahan istrinya yang membimbing sang suami, akhirnya Nash berhasil mengalihkan perhatiannya pada delusinya sendiri, walaupun bayangan Hanson, Parcher dan sepupu Hanson tidak pernah hilang hingga usia senjanya.

THE BUCKET LIST
Film ini menceritakan akhir kehidupan dua orang penderita kanker yang divonis hidup hanya beberapa bulan saja. Keduanya memiliki kepribadian yang berbeda begitupun latarbelakang ekonomi sosialnya. Pada satu saat Cole melihat Carter yang menulis pesan kematiannya dalam The Bucket List (Ember Cita-cita) yang begitu pesimis, Carter menambahkan beberapa catatan dan memutuskan untuk mengajak temannya melakukan keinginan keduanya seperti yang mereka tulis tersebut.
Kekuatan film ini ada pada dialog-dialog yang mengalir secara dalam, kerena ditunjang oleh dua aktor kawakan yaitu Morgan Freeman dan Jack Nicholson.

LE GRAND VOYAGE (ar-Rihlah ath-Thawilah)
Film ini adalah film Perancis yang menceritakan perjalanan panjang seorang Ayah untuk menunaikan ibadah haji. Awalnya saya menonton film ini karena mobil yang digunakan adalah Peugeot –mobil idola saya. Tapi kisah dan dialog di film ini sarat dengan makna.
Reda, seorang remaja Perancis keturunan Maroko yang tiba-tiba mendapat tugas untuk mengantarkan sang Ayah menunaikan haji dengan jalan darat. Perjalanan panjang yang menyusuri banyak negara, seperti Italia, Serbia, Turki, Syria, Jordania dan akhirnya Saudi Arabia menciptakan ketegangan antara Ayah dan anak. Di sini kita akan melihat bagaimana pertarungan nilai dari perbedaan kultur antara Ayah –imigran muslim di Perancis yang dilahirkan dan besar di Maroko dengan anak yang juga muslim, tetapi lahir dan dibesarkan di Perancis yang memiliki kultur yang sangat berbeda dengan Timur Tengah.

THREE IDIOTS
Jangan terjebak dengan judul yang digunakan untuk film ini. Sebagai film India yang bergenre komedi, film ini jauh dari kesan film India lainnya. Film ini memiliki visi dan nilai yang disampaikan kepada penonton. Bagaimana anak-anak di film ini terjebak dalam keinginan para orang tua mereka yang menginginkan anaknya menjadi insinyur. Dan seorang anak yang cerdas tetapi berasal dari keluarga yang tidak memiliki apa-apa. Di sini kita banyak di ajarkan untuk keluar dari yang biasa-biasa saja (out of the box) dan menjadi seseorang yang kreatif dengan metode belajar yang berbeda. Sehingga kita tidak hanya menjadi ‘manusia teknologis’ sebagaimana yang dikatakan Heidegger.

BARAKA
Ini ini sangat inspiratif karena menyorot kehidupan manusia dari beragam aspek. Apa yang dicap sebagai budaya primitif atau terbelakang sesungguhnya menjadi bagian dari budaya manusia modern. Film ini juga menyindir tentang apa yang disebut kemajuan ummat manusia. Film ini juga tidak memuat dialog, lebih-lebih sebuah cerita atau plot, film ini menggunakan tema untuk menyajikan perspektif baru dan membangkitkan emosi murni melalui bioskop.
Film ini dibuat di 152 lokasi di 24 negara: Argentina, Australia, Brasil, Kamboja, Cina, Ekuador, Mesir, Perancis, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Israel, Italia, Jepang, Kenya, Kuwait, Nepal, Polandia, Arab Saudi, Tanzania, Thailand, Turki, dan Amerika Serikat.
Film Baraka ini dapat didowload disini.

LIFE IS BEAUTIFUL

Film ini merupakan salah satu film terbaik, maka tidak heran bila mendapatkan 3 academy award dan best actor bagi pemain utamanya. Film ini menceritakan upaya seorang ayah yang tidak ingin anaknya mengetahui kekejaman yang terjadi di tempat penampungan Nazi Jerman di mana mereka disekap. Untuk itu ayah tersebut harus selalu menciptkan cerita seakan-akan semuanya merupakan bagian dari permainan dan pemenangnya akan diganjar sebuah tank seperti yang diidam-idamkan anaknya. Film ini diproduseri oleh Ceci Gori, pemilik klub Fiorentina sebelum klub ini turun kasta ke seri B pada awal tahun 2000-an.

  1. Nuning
    August 31, 2010 at 07:30 | #1

    saya baru nonton yg 3 idiots.. bener2 penuh inspirasi.. saya akan coba lihat yg lainnya…

    • August 31, 2010 at 08:26 | #2

      betul, film tersebut berbeda dengan kebiasaan film-film india. Oke silahkan mbak, kesemua film sangat inspiratif, lebih-lebih yang miracle worker, tontonan dan tuntunan bagi orang tua yang memiliki anak dengan keterbatasan.

  2. ahmad
    November 1, 2010 at 09:52 | #3

    bener tuh,life is beautiful sama the bucket list inspiratif buat hidup,
    3 idiots inspiratif buat pendidikan sama beautiful mind

    • November 1, 2010 at 10:48 | #4

      Yup… begitu juga film2 lainnya…

      • ahmad
        November 3, 2010 at 09:27 | #5

        mas minta link downloadnya donk yang LE GRAND VOYAGE,ANCIENT ROME,THE MIRACLE WORKER,FREEDOM WRITERS,BARAKA

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: